Pengalaman Jatuh Membangun Usaha

pengalaman membangung usaha

Perlu digaris bawahi, sampai detik ini saya masih belum sukses membangun usaha, namun dari beberapa kegagalan yang sudah saya alami sebelumnya, saya ingin berbagai agar kawan-kawan nggak merasakan hal yang sama dengan saya. Berikut ini adalah pengalaman jatuh membangun usaha yang sudah pernah saya lakukan. Apa yang membuat saya tertarik untuk mecoba dan apa yang membuat saya gagal.

Kerupuk Ikan Tengiri

Makanan ini bukan makanan biasa, kebanyakan di jual di toko oleh-oleh. Dalam sebuah kesempatan saya bisa bertemu dengan distributornya untuk belajar langsung dari yang bersangkutan. Awalnya karena nggak enak tidak bisa memberikan feedback dari ilmu yang sudah diberikan ke saya, akhirnya saya mencoba promosi produk ini. Diberikanlah saya harga sama dengan harga mengambil toko.

Hasil penjualan lumayan, dari yang awalnya iseng, akhirnya kalau saya tidak salah hampir 100 bungkus bisa terjual dalam 2 kemasan berbeda takaran. Namun yang menjadikan saya kurang sreg untuk melanjutkan adalah di kemasan tertera nomor telp dan alamat distributor. Akhirnya saya tidak melajutkan penjualan kerupuk tersebut.

Properti (Rumah, tanah, ruko dsb)

Properti yang membuat saya tertarik adalah harganya yang terus meningkat dan peminatnya biasanya kalangan orang mampu. Itu yang saya pikirkan pertama. Berharapnya 1x penjualan bisa mendapatkan penghasilan untuk hidup 1 bulan. Namun ternyata tuhan berkehendak lain, semua transaksi yang awalnya pembeli sudah melakukan DP semuanya berakhir gagal. Saya ambil hikmahnya, dan kemudian sempat berhenti di bidang ini. Setelah sekian tahun saya dalami ternyata dengan skema pembayaran melalui perbankan, ada riba didalamnya, mungkin itu salah satu cinta Allah SWT kepada saya dengan menghindarkan dari transaksi yang kurang baik tersebut.

Akhirnya saya kembali lagi, namun dengan terlibat di salah satu agen properti syariah di jawa timur. Tidak lagi sebagai pemasar, namun belajar sebagai investor, sekaligus belajar memahami seluk beluk investasi properti syariah. Pertimbangan lainnya karena keterbatasan waktu, untuk bisa full time di bidang ini, sebab saya juga seorang pekerja.

Buku-Buku Bisnis

Karena saya mendalami bisnis, dengan harapan suatu saat bisa membuka bisnis sendiri, saya tertarik untuk belajar melalui buku dan kursus online. Suatu hal yang menarik menurut saya, karena ternyata penerbit buku tersebut membuka peluang untuk menjadi distributor atau penyalur buku bisnis yang mereka jual dengan mendapatkan potongan harga. Saya tertarik sebab dengan mempelajari langsung sistem penjualan yang mereka gunakan, buku-buku yang dijual memang memberikan manfaat untuk banyak orang yang berkutat disektor bisnis.

Namun hal ini tidak bertahan lama, sebab ternyata mereka terkesan memfollowup langsung pembeli yang saya dapatkan dengan berbagai cara, misalkan saja dari packing pengiriman, mereka menyertakan situs web, dimana pembeli bisa melakukan order langsung tanpa melalui saya. Serta berbagai metode lainnya.

Kesimpulan

Mungkin lebih tepatnya pengalaman-pengalaman di atas curhat saya ketika mencoba berbisnis. Episode lainnya akan saya ceritakan di postingan selanjutnya. Permasalahan-permasalahan yang ada saat itu sungguh kadang membuat saya bingung, karena tidak ada yang bisa diajak diskusi.

Jika teman-teman menemukan kejadikan serupa misalkan kendala seperti buku bisnis dan jual makanan kerupuk ikan, saya pikir teman-teman bisa melakukan pengemasan ulang terhadap produk, mungkin memang ribet sedikit, namun bisa memperpanjang umur usaha teman-teman. Atau mencari supplier lain (kerupuk ikan). Namun untuk buku bisnis saya sendiri belum menemukan solusinya yang tepat, sebab para pembeli juga berusaha di list, oleh penerbit dengan dimasukkan grup khusus, dengan alasan bonus tambahan.

Kalau masalah memulai peluang, niatkan saja awal untuk membantu orang lain, tiba-tiba nanti akan terbuka bantuan dari Allah SWT untuk kita. Entah darimana asalnya dan bagaimana caranya, seperti ketika menjual kerupuk ikan tengiri diatas. Kalau teman-teman punya pengalaman jatuh membangun usaha, silakan berbagi mungkin dari pembaca yang lain akan ada solusinya, mungkin juga cerita anda akan menginspirasi yang lain.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *