Memilih Tempat Kursus Mengemudi Mobil Biar Jago

Alhamdulillah beberapa waktu lalu, Allah SWT belum memberikan kepada saya kemampuan mengemudi mobil yang layak. Sebenarnya ada banyak hal yang patut saya syukuri atas keadaan tersebut. Saya tidak perlu lelah mengendarai mobil dan bisa mengistirahatkan diri ketika akan perjalanan jauh bersama kawan dan siapapun, karena memang tidak bisa mengemudi. Sampai pada akhirnya, suatu saat saya memutuskan harus bisa mengemudi karena sempat saya tidak tega, guru saya yang seharusnya saya antar berkeliling kota jember harus menyetir sendiri mobil yang dibawanya dari malang, dan saya duduk dikursi penumpang, serta teman saya yang kelelahan dalam perjalanan sedang saya tidak bisa menggantikannya mengemudi.

belajar mengemudi

Kedua kejadian tersebut dan banyak alasan lainnya menjadikan saya memilih untuk mulai belajar mengemudi, meskipun belum memiliki kendaraan sendiri, minimal saya berpikir saya miliki dulu kemampuan mengemudinya. Berikut ini saya bagikan pengalaman saya dalam memilih tempat kursus mengemudi yang saya tahu.

Mudah menemukan Lokasinya

Salah satu hal yang membuat kita yakin untuk memilih tempat kursus mobil adalah dengan mengetahui tempat kantornya, agar kita tahu bagaimana mereka bekerja. Ada beberapa tempat kursus yang saya kunjungi dan saya sempat kecewa dengan salah satu tempat kursus yang sulit ditemukan lokasinya karena ketidakjelasan alamat, dan pada saat dihubungi berulangkali tidak diangkat.

Biaya yang bersahabat

Sebenarnya beberapa tempat kursus yang saya kunjungi menawarkan paket belajar yang harganya tidak terlalu jauh perbedaannya dan tentunya jam belajarnya. Namun ada juga yang hanya mempunyai satu paket saja untuk kursus mobilnya, misalkan 950rb untuk 13 kali pertemuan, sebenarnya sah saja namun saya pribadi lebih suka ke kursus mengemudi yang memberikan beberapa penawaran paket kursus. Sebab tidak semua peserta ketika datang ke tempat kursus memiliki kemampuan yang sama, jadi paket sebaiknya menyesuaikan.

Kendaraan yang terawat

Sebagai peserta kursus mobil, saya pribadi merasa lebih nyaman apabila kendaraan yang digunakan terawat. Terawat bukan berarti harus selalu baru, meskipun armada baru memang lebih enak untuk belajar (versi saya), namun kendaraan yang terawat itu perlu agar bisa memberikan kenyamanan saat belajar berkendara. Saya pernah batal belajar di suatu kursus, karena mempertimbangkan kondisi bagian dalam kendaraan yang akan digunakan saat belajar mengemudi karena tidak sengaja lewat dan melihat keadaan dalamnya tidak terawat.

Fleksibilitas waktu belajar

Kebetulan tempat kursus yang saya pilih memberikan tawaran kemudahan dalam hal memilih waktu belajar. Ada banyak pilihan sesi, sehingga untuk saya yang sambil bekerja ini bisa menyesuaikan agar tetap bisa belajar mengemudi meskipun agak sibut. Cari juga yang bisa dilakukan pembatalan jam belajar dan tidak hangus (bisa diganti) jam belajarnya. Saya sendiri sudah memastikan hal tersebut sebelum memutuskan untuk bergabung di kursus mengemudi ini.

Instruktur berpengalaman

Tentunya akan lebih mudah beradaptasi kalau yang mengjarkan kita mengendarai mobil memang sudah terbiasa mengajar, dan memiliki jam terbang tinggi dengan berbagai karakter murid. Ini salah satu usaha agar kita bisa lebih maksimal belajar. Belajar dari yang terbaik.

Itu saja beberapa pertimbangan saya saat memilih kursus mengemudi, pengalaman terburuk saya adalah respon dari calon tempat mengemudi yang saya pilih adalah tidak direspon dengan baik, saya pribadi punya feeling kurang nyaman dengan tempat kursus tersebut, selain dihubungi di contact person yang tersedia melalui WA tidak direspon, kemudian di telp tidak diangkat dan tidak ada balasan serta mencari kantornya tidak ketemu akhirnya yang seharusnya saya sudah deal belajar disana, memutuskan batal dan mencari tempat lain. Anda punya pengalaman serupa? Atau punya tempat belajar mengemudi yang direkomendasikan di tempat anda? Tuliskan di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *