Mau Investasi Online? Pertimbangkan Dulu Hal Ini

investasi online

Artikel tentang investasi berikut ini, adalah lanjutan dari seri sebelumnya tentang pengalaman investasi. Semua murni apa yang saya rasakan dari beberapa bulan memanfaatkan platform tersebut untuk melakukan investasi. Terlepas memang ada banyak kelebihan ataupun kekurangan dari pilihan investasi tersebut, namun saya pribadi lebih cenderung saat ini memilih produk investasi yang tidak online. Mengapa?

Kejelasan Informasi

Saya pribadi pada akhirnya pernah mendapatkan pengalaman buruk yang saya rasakan ketika saya melakukan investasi secara online. Pernah suatu ketika dalam kurun waktu pengumpulan dana yang ditetapkan, dana belum terkumpul dari para investor yang akhirnya berdampak pada ketidak jelasan rencana permodalan. Kesulitannya adalah ketika meminta informasi mengenai rencana selanjutnya dari pihak pengumpul dana, atas proyek tersebut, sangat sulit. Beberapa kali saya menghubungi aneka media sosial yang digunakan, maupun email, whatsapp dan sebagainya tidak direspon lama(beberapa hari). Padahal yang dibutuhkan saat itu adalah informasi segera, karena proyek tidak ada perkembangan.

Saya tidak tahu, semoga saja hal ini tidak terjadi di platform investasi online lainnya. Meskipun memang jika dilihat dari masalah kemudahan dalam berinvestasi, investasi model ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan, karena tidak perlu memantau dan hanya menerima bagi hasil saja.

Penundaan permulaan proyek dan bagi hasil

Secara sepihak tanpa informasi terlebih dahulu, saya mendapati ada penundaan permulaan proyek yang terkesan tidak transparan dan hanya memposisikan pemodal untuk bisanya hanya mengikuti. Timeline, proyek yang saya pilih tiba-tiba berubah tanpa kejelasan. Ketika dikonfirmasi ke CS melalui chat, hanya mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan, dengan berbagai alasan, proyek yang seharusnya jalan di tanggal 1 awal bulan, dimulai di tanggal 27 akhir bulan, yang kemudian berdampak pada mundurnya pembagian hasil usaha, itupun saya tau ketika melihat di dashboard, yang artinya tidak ada informasi lebih awal melalui email.

Berbeda dengan ketika kita melakukan investasi secara tidak online. Fisik usaha yang kita bangun dapat real langsung terlihat, dan jelas siapa saja pihak pengelola yang bisa dimintai pertanggungjawaban atas tersampaikannya informasi perkembangan usaha dengan segera.

Kalau dipahami pengalaman kekurangan yang saya rasakan adalah:

  • Masalah komunikasi yang tidak segera
  • Kurang transparan dalam pengelolaan
  • Penanganan keluhan yang kurang menyenangkan

Setidaknya kalau hal-hal tersebut bisa diselesaikan dengan baik oleh pihak pengumpul dana, tentu akan menjadikan pengelola tersebut memiliki citra baik untuk kedepannya dimata investor, semoga berkenan untuk memperbaiki dan berkembang menjadi lebih baik.

Saran saya untuk anda yang akan memulai berinvestasi:

  • Pahami dulu track record dari pengelola platform pendanaan tersebut.
  • Miliki pengalaman yang cukup dalam berinvestasi dengan memahami alur-alur informasi dan tata cara tentang investasi di platform tertentu sebelum berinvestasi.
  • Mulailah dengan nominal kecil dimana anda tidak merasa terlalu kehilangan ketika pengembalian dana tersebut tertunda atau mungkin bersiap untuk kemungkinan terburuk dan tidak kembali karena rugi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *