Bayar Pajak Sepeda Motor 5 Tahun dan Ganti Plat

Sebenarnya ini bukan pengalaman pertama saya bayar pajak sepeda 5 tahunan + ganti plat, cuma karena jarak waktunya per bayar pajak cukup lama, jadi saya agak-agak lupa caranya. Pengalaman ini saya dapatkan di Samsat Kabupaten Jember lokasinya dekat dengan RSD dr Soebandi. Kalau anda juga mau melakukan hal yang sama, semoga tulisan ini bermanfaat.

Samsat Jember bayar pajak

Persiapan

Awal-awal pastikan motor yang akan di bayar pajaknya dibawa, karena akan ada cek fisik sepeda motor. Kemudian fotocopy semua berkas yg diperlukan mulai dari BPKB KTP STNK, berapa jumlahnya jujur saya sendiri ndak tau, kalau anda juga akan membayar pajak di jember, fotocopy aja depan samsat yang jaga sudah tau berapa jumlahnya dan apa saja yang perlu disiapkan, saya terima beres tinggal bayar.

Prosesnya

Menuju ke tempat cek fisik, awalnya anda akan diberikan form oleh petugas administrasi cek fisik untuk diserahkan ke petugas cek fisik yang ada di dekat parkiran sepeda agar sepeda anda diidentifikasi nomor mesin dan sebagainya (*kurang lebih seperti itu), kebetulan tidak ada antrian karena saya ke lokasi pagi hari.

Setelah melakukan cek fisik kembali lagi ke bagian administrasi untuk menyerahkan berkas yang sebelumnya dititipkan ke saya. Lalu menuju ke ruang arsip, sepertinya untuk pengecekan data kendaraan kita, saya sendiri tidak lama menunggu disini dan pindah ke tempat selanjutnya yaitu pendaftaran BPKB (*tempatnya bersebelahan) setelah saya dipanggil.

Loket pendaftaran dan penetapan menjadi tujuan saya selanjutnya, langsung aja berikan semua berkas yang dibawa ke loket ini, nanti akan diberikan nomor antrian dan dikembalikan item-item yang tidak perlu disertakan ke dalam map berkas. Proses selanjutnya adalah menunggu dipanggil aja, untuk membayar dan mengambil STNK yang baru. Setelahnya mengambil plat nomor baru di dekat parkiran motor, dengan menunjukan STNK yang baru, menunggu kering sebentar dan langsung pulang.

Di step sebelumnya setelah ambil STNK saya lupa bertanya, kemana selanjutnya, saya langsung memilih ambil plat nomor di parkiran belakang dan saat akan pulang di pintu gerbang keluar saya melihat ada tempat untuk mengambil stiker parkir berlangganan (*di jember sudah berlaku parkir berlangganan) nah ini hampir kelewatan, untung aja keliatan.

Kurang lebihnya itu yang bisa saya ceritakan tentang pengalaman saya bayar pajak dan ganti plat nomor. Waktu tunggunya normal tidak terlalu lama, mungkin karena yang menunggu di sana tidak terlalu banyak dan saya kesana waktu pagi hari di hari sibuk, hari senin kalau ndak salah. Prosesnya juga sebenarnya tidak rumit, kalau bingung tinggal tanya aja. Selamat mencoba

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *